8 Cara Keren Mengerjakan Skripsi tanpa ada Rasa Bosan! ~Hip Majalah~


Setelah Mengenyam Seluruh mata kuliah, kini Mahasiswa pun diwajibkan dengan (KKN).    KKN adalah masa akhir dari permata kuliahan, tujuan KKN adalah untuk mengasah atau menguji kemampuanmu setelah belajar KKN ini sangatlah penting sebagaimana kamu menyerap materi yang diberikan oleh dosen.  Sebagai mahasiswa kamu pun diwajibkan melakukan riset sebagai syarat kelulusan.

Meraih gelar sarjana adalah dambaan setiap mahasiswa. Tetapi meraih gelar ini bukan hal yang mudah. Mengapa? Beredar mitos bahwa sepintar apa pun mahasiswa tetapi malas mengerjakan skripsi akan disalip oleh mahasiswa biasa tetapi semangat
Tak sedikit mahasiswa mengatakan saat mengerjakan skripsi adalah moment terberat selama mengamban status mahasiswa. banyak juga mahasiswa gagal / tidak lulus selama menjalani skripsi. tapi skripsi tak sesulit itu kok! asalkan kita tahu trik dan tipsnya. Lalu bagaimana cara agar semangat?


1. Buat deadline sendiri disertakan dengan peringatan yang membuatmu merasa senang mengerjakannya. 
mengerjakan dengan cara menyenangkan dan mengisikan coret-coretan indah di setiap lipatan buku akan membuatmu sedikit semangat, buatlah deadline skripsimu itu akan mempermudah menyelesaikannya dengan cepat,.  tanpa adanya deadline skripsimu tak akan pernah kelar-kelar.

2. Memilih tema penelitian yang disukai dan pahami. Jangan Hanya meniru teman-teman
Pernah tidak! kamu ingin sekali meniru apa yang dicari teman anda tanpa memperdulikan keinginan apa yang mau diambil, itu dilakukan seakan-akan kamu tidak ingin sendiri mengambil jurusan lain, Ingatlah kita bukan anak SMA lagi, kita harus bisa memilih sesuai hati dan pelajaran yg dipahami.

3. Mengerjakan skripsi di tempat yang memang nyaman. 
Tempat adalah paling penting untuk mengerjakan sebuah skripsi, kamu bisa nongkrong di cafe atau kedai yang nyaman, suasana yang tenang akan merefresh otakmu dan merasa senang mengerjakannya, kebayang tidakk! mengerjakan skripsi di tempat yang ramai banyak orang akan mmbuatmu cepat bosan.

4. Bertemanlah dulu dengan mahasiswa yang ingin segera lulus jadi sarjana. Hindari dulu teman yang kegiatannya masih main saja.
kalau ingin menyelesaikan tugas skripsi kamu harus berteman dengan siswa yang segera ingin lulus sarjana, mengapa demikian! karena disekitarnya disibukan dengan skripsi, otomatis kamu tidak ingin tertinggal sendiri.

5. Nikmatilah prosesnya
Menikmati step demi step adalah proses alamiah yang harus dilalui,  tanpa adanya proses yang dinikmati skripsimu akan menjadi membosankan dan masa bodo untuk menyelesaikan, maka dari itu nikmatilah setiap proses skripsimu.

6. Jangan Membuat masalah pada dosen pembimbing
ada orang yang sedang benci kepada dosen pembimbing, lantaran skrpsinya salah terus, nah! untuk menyikapi hal ini jangan membuat masalah, justru kalaupun skripsimu benar, akan dianggap salah oleh dosenmu.

Skripsi itu gak cuma butuh otak tapi juga strategi. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengetahui apa yang dosenmu sukai. Kalau dia senang musik, saat bimbingan selingi pembicaraan dengan musik kesukaannya. Sementara kalau dia suka makan, sesekali bawa saja makanan kesukaannya. Nah kalau dosen sudah jatuh hati, pasti deh skripsmu bisa lebih cepat selesa

7. Fokuskan diri dulu ke skripsi dan Kurangi main dan nongkrong
Cara lain menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi adalah Fokus, tanpa adanya titik fokus skripsimu tak akan pernah kelar.
Main  boleh, siapa yang tidak stres ketika mengerjakan tugas akhir? Pasti Anda merasakan lelah. Anda dapat refreshing sekali-kali untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

8. Ingatlah hari ini adalah hari susahmu
ingatlah akan ada saatnya kita senang-senang, akan ada saatnya kita menangis, akan ada saatnya kita susah. Tentunya kita tak akan kecewa dengan apa yang kita hadapi sekarang

nah itulah beberapa tips dari kami. Perlu diingat  motivasi terbesar ada di diri Anda.
Displinkan dan kontrol diri agar semangat Anda terus membara. Semoga sukses dalam menyelesaikan skripsi Anda!

Post a Comment

0 Comments